Thursday, January 14, 2016

Manfaat getaran



TUGAS GETARAN MEKANIK
“MANFAAT DAN APLIKASI GETARAN TENTANG DUNIA ENGINEERING”


Oleh :

Nama:  Syabam Setiawan               
NPM :  G1C013046


Dosen Pengampuh :
Ahmad  Fauzan S, S.T., M.T,





PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS BENGKULU
2015


PENDAHULUAN

Dalam dunia teknik mesin, aplikasi aljabar linear banyak digunakan salah satunya pada penggunaan control koordinat control sistem otomasi pada industri yang memudahkan peletakan formasi alat manufaktur otomatis sehingga sistem produksi meningkatkan faktor keamanan (safety factor). Dalam sistem produk produksi, salah satu faktor yang sering diperhitungkan yakni getaran. Getaran lebih sering tidak diinginkan, sebab menyebabkan pemakaian energi yang banyak dan menimbulkan suara yang bising, contohnya getaran pada mesin motor, getaran pada mesin listrik dan otomasi industri, bahkan getaran pada poros yang berputar yang dapat menyebabkan percikan api akibat gesekan yang tidak merata. Hal-hal tersebut dapat mengakibatkan biaya produksi yang tinggi, dapat juga menyebabkan kecelakaan kerja, ataupun yang lainnya. Oleh karena itu, pelaku industri biasanya meminimalisir adanya getaran pada produk mereka.
Untuk meminimalisir adanya getaran, dibutuhkan analisis getaran terlebih dahulu. Dasar-dasar analisi getaran dapat dipahami dengan mempelajari model massa pegas peredam sederhana. Peredam ini digunakan untuk mengurangi adanya getaran. Permodelan struktur body mobil dapat diektrasi menjadi penjumlahan model massa pegas peredam. Dalam membuat body mobil, permodelan merupakan hal yang penting berkaitan dengan analisi dan sintetis benda teknis yang terdiri dalam pemilihan sistem yang ideal. Untuk pembuatan rangka body mobil secara fisik dibutuhkan permodelan matematika dari sistem mekanik yang berkorelasi dengan rangka mobil. Dalam jurnal ini akan dijelaskan analisis getaran dalam sistem mekanik secara matematis. Selain melakukan pengujian secara manual, saat ini untuk permodelan dan pengujuan sistem mekanik teknik dibantu dengan computer. Penggunaan software bisa jad masalah karena faktor ekonomi. Ada banyak program khusus yang digunakan para insiyur untuk membuat analisis sistem mekanik. Salah satu software yang digunakan yakti CATIA. CATIA adalah perangkat lunak komputer yang ditujukan untuk model sistem 3D, sehingga model sistem mekanis dapat dengan mudah dibuat dalam program ini, dan semua parameter dari sistem mekanik dapat diperoleh dengan mengekspor mereka untuk GRAFSIM dengan pemanfaatan antarmuka CatGen. Perangkat lunak ini bekerja antara CATIA dan GRAFSIM menciptakan file input yang tepat. Berkat software ini insinyur dapat dengan mudah membangun dan melakukan analisis dibuat dalam model lingkungan CATIA.



1. HUBUNGAN GETARAN DALAM SISTEM MEKANIK DAN ANALISIS GETARAN SECARA MATEMATIS
Getaran merupakan fenomena mekanik yang dimana terjadi osilasi pada sekitar titik keseimbangan suatu partikel. Osilasi yang dimaksud yakni gerakan bolak-balik yang terjadi secara periodik ataupun acak. Untuk menguji suatu getaran digunakan fungsi gaya ke dalam struktur partikel, biasanya dengan beberapa jenis alat shaker. Bergantian, sebuah DUT (Device Under Test) melekat ke meja dari shaker. Untuk frekuensi gaya yang relatif rendah, digunakan alat shaker servohidraulik (elektrohidraulik). Untuk frekuensi yang lebih tinggi, shaker elektrodinamik digunakan. Umumnya, satu atau lebih input atau titik kontrol yang terletak di DUT sisi fixture disimpan pada percepatan tertentu. Responder pada alat DUT akan mengalami tingkat getaran maksimum (resonansi) atau tingkat getaran minimum (anti-resonansi). Hal ini sering diinginkan untuk mencapai anti-resonansi untuk menjaga sistem dari menjadi terlalu berisik, atau untuk mengurangi tekanan pada bagian-bagian tertentu dari suatu sistem karena mode getaran yang disebabkan oleh frecquencies spesifik getaran. Perangkat khusus dirancang untuk melacak atau merekam getaran disebut vibroscopes.

 

 Dalam menganalisis suatu getaran dapat digunakan model massa pegas peredam sederhana. Struktur kompleks body mobil dapat dimodelkan sebagai penjumlahan model massa-pegas-peredam sederhana. Sebagai contoh pemodelan sistem bergetar mobil penumpang (Skoda Fabia) disajikan dan karakteristik yang menggambarkan getaran dan resonansi zona telah disajikan. Pada pemodelan sistem getar mobil, sering digunakan peredam unttuk menghilangkan getaran yang ada pada mobil. Bentuk sederhana getaran dengan peredam ditunjukkan pada gambar disamping. Persamaan pada gambar tersebut yakni 𝑚ẍ+𝑐ẋ+𝑘𝑥=0̈. Solusi persamaan untuk perpindahan pada gambar tersebut ialah
.
Dalam kasus sistem yang lebih kompleks kita perlu discretize sistem menjadi lebih massa dan memungkinkan mereka untuk bergerak dalam lebih dari satu arah - menambahkan derajat kebebasan. Konsep utama beberapa derajat kebebasan (MDOF) dapat dipahami dengan melihat hanya 2 model derajat kebebasan.
Persamaan getaran yang diperoeh dari gambar ini ialah
Jika dibuat dalam bentuk matriks:
Pada pemodelan stuktur berangka, perpindahan dan rotasi pada pojok atau sendi sering dapat berguna sebegai koordinat umum. Massa dapat ditempatkan pada simpul tersebut sehingga persamaan gerak dapat ditulis dalam koordinat umum, Struktur yang kaku harus dipotong pada simpul untuk membentuk elemen balik. Pada gambar di bawah ini dibutuhkan matriks kekakuan dan matriks massa untuk persamaan geraknya
                       Gambar 1.3                                                      gambar 1.4



          Pada Gambar 1.3 dan Gambar 1.4 diperlukan tiga koordinat umum, tetapi ujung kanan dari bagian yang horizontal itu terpaku., bebas bergerak kea rah horizontal dan tidak dapat menahan momen. Konfigurasi kasus 2 tabel kekakuan elemen balok sesuai dengan syarat-syarat bagian horizontal tersebut, karena pada tabel tersbut 𝜃2=12𝜃1 maka 𝑞3=12𝑞2 dan dalam gambar ini dapat dipecahkan q1 dan q2 sebagai sistem dengan 2 derajat kebebasan. Matriks kekakuan dapat ditentukan dengan memperhatkan superposisi dua konfigurasi yang dipecahkan dalam elemen elemen batang horizontal dan vertikal, jika digambarkan
Maka dapat dituliskan persamaan:
Konfigurasi pada Gambar 1.7 dapat dipecahkan pada kasus 2 dan 3 pada tabel gambar 1.5 dari diagram benda bebas dari pojok
Persamaan untuk Gambar 1.7
Persamaan energy kinetik dapat ditulis dari pemeriksaan Gambar 1.3

dan bagian dinamik dari persamaan Lagrange menjadi
2. ANALISIS GETARAN MELALUI SOFWARE CATGEN
          Pemodelan sistem bergetar mobil penumpang disajikan dan karakteristik yang meng-gambarkan getaran dan resonansi zona telah disajikan. Pada awalnya model sederhana dari sistem ini di software CATIA diciptakan (Gambar 2.1). CATIA singkatan dari Computer Aided Three-dimensional Interactive Application adalah perangkat lunak multi-platform CAD / CAM / CAE suite komersial yang sering disebut sebagai Produk 3D Lifecycle Management software suite, CATIA mendukung beberapa tahapan pengembangan produk (CAx), termasuk konseptualisasi, desain (CAD), manufaktur (CAM), dan rekayasa (CAE). CATIA memfasilitasi rekayasa kolaboratif di seluruh disiplin ilmu, termasuk permukaan & desain bentuk, teknik mesin, dan peralatan dan sistem rekayasa. Gambar yang disajikan menunjukkan koordinat kopling elemen elastis-redaman (EDE) (peredam kejut dan ban) serta koordinat elemen inersia.
          Jenis bahan elemen inersia dipilih dengan cara yang akan sangat dekat dengan massa benda aslinya. Dalam proses idealisasi 4 elemen inersia dibedakan: body, depan dan belakang poros dan kursi pengemudi. Unsur-unsur yang terhubung satu sama lain dengan elemen elastis-redaman. Ada 11 EDE dalam model: dua peredam kejut, dua mata, dua peredam getaran, empat ban dan elemen elastis-dumping yang menghubungkan tubuh mobil dengan jok. Arah dari sumbu sesuai sistem koordinat lokal ditambah pada pusat berat dari unsur inersia tertentu dan pada elemen elastis-damping sejajar, seperti yang ditunjukkan pada Gambar. 2. Sistem koordinat digabungkan di pusat berat dari unsure inersia tertentu juga ditandai pada model, serta sistem koordinat sesuai dengan elemen elastis-redaman.
          Jenis bahan elemen inersia dipilih dengan cara yang akan sangat dekat dengan massa benda aslinya. Dalam proses idealisasi 4 elemen inersia dibedakan: bodi, depan dan belakang poros dan kursi pengemudi. Unsur-unsur yang terhubung satu sama lain dengan elemen elastis-redaman. Ada 11 EDE dalam model: dua peredam kejut, dua mata, dua peredam getaran, empat ban dan elemen elastis-dumping yang menghubungkan tubuh mobil dengan jok. Arah dari sumbu sesuai sistem koordinat lokal ditambah pada pusat berat dari unsur inersia tertentu dan pada elemen elastis-damping sejajar. Sistem koordinat digabungkan di pusat berat dari unsur inersia tertentu juga ditandai pada model, serta sistem koordinat sesuai dengan elemen elastis-redaman. Dengan pemanfaatan CatGen software parameter semua yang diperlukan sistem diperoleh dari program CATIA. Ada massa dan pusat gravitasi elemen inersia, poin kebetulan EDE dan titik kebetulan Eksitasi kinematik dan dinamis. Unsur inersia pertama dari mobil penumpang adalah bodi (Gambar 2.2) yang terhubung dengan as dan kursi pengemudi dengan elemen elastis-redaman. Melalui dua elemen elastis-redaman (peredam kejut) tubuh ditambah dengan as roda depan. Dua EDE tambahan (pegas dan peredam getaran) menghubungkan tubuh dengan poros belakang dan satu EDE menghubungkan kursi pengemudi pada bodi mobil.
          Aplikasi ini memungkinkan untuk mengatur koordinat lampiran EDE dan elemen inersia (Gambar 2.3) dan memperkenalkan kendala pada derajat kebebasan untuk elemen inersia. Dalam kasus sistem 3D, adalah mungkin untuk membatasi 3 pemindahan dan 3 rotasi. Bagian dari window dialog CatGen dengan ditambah EDE 1 koordinat fungsi eksitasi yang tepat. Ini bisa menjadi acak, sinusoid, impuls, langkah, persegi panjang, sudut, lintas-potong, trapeze atau fungsi eksitasi dalam bentuk rumus aljabar. The kinematik eksitasi dapat didefinisikan sebagai fungsi perpindahan, kecepatan atau percepatan, tergantung pada kondisi yang berlaku dalam model dibahas dari sebuah sistem mekanik.

3. ANALISIS NUMERIK DARI MODEL MOBIL
          Analisis getaran dapat juga dilakukan dengan cara numerik. Salah satu program computer yang menyediakan fitur ini. Dari analisi numerik didapatkan grafik waktu respon dan amplitudo-frekuensi pada fase sistem model mobil yang dimuat oleh eksitasi kinematik dapat dihasilkan dari aplikasi GRAFSIM, simulasi jalan yang tidak rata sepanjang yang kendaraan bergerak. Program ini menggunakan algoritma transformasi struktur model ke grafik hybrid matriks (mhg) struktur dan setelah mhg yang berubah menjadi blok diagram matriks yang disajikan pada Gambar 3.2. Diagram ini digunakan dalam lingkungan Simulink untuk menghasilkan semua kemungkinan jenis grafik dan struktur sepenuhnya kompetibel dengan struktur sistem mekanik dipertimbangkan. GRAFSIM dengan cara otomatis menunjuk transmitansi setara dengan sistem dianalisis atas dasar input dan output mengatur blok diagram, dan menentukan matriks negaraMetode penentuan operasi karakteristik dinamik di GRAFSIM secara langsung didasarkan pada menunjuk transmitansi setara sistem dalam pandangan input dan output didefinisikan (penyederhanaan diagram blok).


4. APLIKASI GETARAN

KESIMPULAN
Menganalisis getaran dalam sistem mekanik itu punya beberapa metode seperti metode analitis dan metode pengunaan software. Metode analisis dimodelkan sebagai penjumlahan model massa-pegas-peredam sederhana dengan solusi umum 𝑚𝑥̈+𝑘𝑥̇+𝑐𝑥=0. Adapun pada pemodelan stuktur berangka, perpindahan dan rotasi pada pojok atau sendi sering dapat berguna sebegai koordinat umum. Massa dapat ditempatkan pada simpul tersebut sehingga persamaan gerak dapat ditulis dalam koordinat umum, Penggunaan matriks memudahakan perhitungan untuk analisis getaran.
Metode yang saat ini sering digunakan yakni penggunaan perangkat lunak, salah satunya CATIA dan GRAFSIM. Pemodelan sistem bergetar mobil disajikan dan karakteristik yang menggambarkan getaran dan resonansi zona telah disajikan. Aplikasi CATIA memungkinkan untuk mengatur koordinat lampiran EDE dan elemen inersia dan memperkenalkan kendala pada derajat kebebasan untuk elemen inersia. Dalam kasus sistem 3D, adalah mungkin untuk membatasi 3 pemindahan dan 3 rotasi. Untuk aplikasi GRAFSIM, selama proses analisis, dengan menggunakan semua data yang diperoleh, GRAFSIM software menghasilkan karakteristik dinamik operasi (transmitansi), dan matriks negara yang menggambarkan model dari sebuah sistem mekanik


Daftar Pustaka
A, Buchacz, S. Zólkiewski, Dynamic analysis of the mechanical systems vibrating transversally in transportation. Journal of Achievements in Materials and Manufacturing Engineering 20 (2007) 331-334.

 Geradin M., Rixen., Mechanical Vibration: Theory and Application to Structural Dynamics, Masson,    Paris, 1994


Thomson T. William, Prasetio Lea Dra. MSc., Teori Getaran dengan Penerapan Edisi ke 2, Erlangga, Jakarta, 1992

SALAM SOLIDARITY FOREVER

HMM UNIB
M-BARAK'13


SOLIDARITY FOREVER

No comments:

Post a Comment